Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi Poliban laksanakan Kegiatan Pelatihan Google Classroom di SMPN 32 Banjarmasin

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya dalam pemanfaatan internet telah memberikan pengaruh yang cukup besar dalam berbagai asfek kehidupan, tak terkecuali pula dalam bidang pendidikan. Berbagai kemudahan yang didapatkan dari penggunaan internet dalam dunia pendidikan diantaranya adalah kemudahan dalam pencarian informasi/literatur yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar serta  yang terbaru adalah dalam bentuk E-Learning yang memudahkan komunikasi antara guru dan murid dalam bentuk pengelolaan kelas secara online.

Saat ini ada banyak pilihan alternatif untuk dapat memanfaatkan fasilitas E-Learning. Salah satu layanan yang dapat dipilih untuk E-Leaning adalah Google Classroom yang merupakan salah satu produk layanan yang diberikan oleh Google secara gratis untuk keperluan pendidikan. Sekalipun gratis (tidak memerlukan biaya pengadaan domain dan hosting untuk server), namun layanan ini cukup handal serta terintegrasi dengan layanan google lainnya yaitu E-Mail (Gmail), Google Drive dan Youtube.

Sebagai wujud pelaksanaan salah satu kewajiban dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka pada tanggal 24 Agustus 2019, Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Akuntansi Poliban yang diketuai Bapak Ahsanul Haq, SE, M.Si melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan E-Learning menggunakan Google Classroom untuk Guru-guru SMPN 32 Banjarmasin. Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Bapak Mahyuni, SE., Ak., MM yang merupakan salah satu staf pengajar dari Jurusan Akuntansi Poliban.

Dalam pelatihan yang diikuti oleh semua guru di SMPN 32 Banjarmasin tersebut disampaian teknik-teknik pengelolaan kelas online seperti pembagian bahan ajar, pemberian tugas dan ujian serta penilaian tugas dan ujian menggunakan Google Classroom. Atas pelaksanaan kegiatan tersebut, pihak sekolah yang diwakili oleh Bapak Agus Widodo, S.Pd menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada pihak pelaksana kegiatan dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di lain waktu agar keahlian para guru dalam teknologi informasi yang menunjang kegiatan pembelajaran dapat terus ditingkatkan.

Designed & Developed By IT Team - Poliban Accounting Department