Tim Jurusan Akuntansi Poliban Laksanakan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran di SMPN 32 Banjarmasin

 

Pandemi Covid 19 yang telah berlangsung selama beberapa bulan ini dan terjadi secara global telah memberikan dampak yang luar biasa dalam kehidupan manusia di seluruh dunia, dan mau tidak mau menuntut penyesuaian kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali pula halnya dalam bidang pendidikan. Untuk menghindari penyebaran virus Covid 19 yang semakin masssif, maka hampir semua lembaga pendidikan harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring/online.

Proses belajar mengajar secara online tidak hanya menuntut kreatifitas guru/pendidik, tetapi juga dituntut penguasaan guru terhadap teknologi informasi, khusus teknologi multimedia yang dapat memudahkan dalam penyampaian materi ajar dari guru kepada siswa.

Berangkat dari hal tersebut, maka Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Akuntansi Poliban yang terdiri dari Bapak Ahsanul Haq selaku Ketua dengan anggota-anggota  Bapak Priyougie, Bapak Mahyuni dan Bapak M. Hendra Sunarya tergerak untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan video multimedia pembelajaran menggunakan program OBS Studio yang duitujukan bagi guru-guru di SMPN 32 Banjarmasin.

Tepatnya pada tanggal  05 September 2020 yang lalu, kegiatan tersebut telah berhasil dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi Zoom Meeting, dengan diikuti peserta sebanyak 23 peserta yang terdiri dari 16 orang staf guru SMPN 32 Banjarmasin, 6 orang staf Poliban, dan 1 orang dari ULM. Bertindak sebagai pemateri/narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Bapak Mahyuni, yang menyampaikan teknik-teknik pembuatan video multimedia pembelajaran menggunakan software OBS Studio.

Disampaikan oleh Bapak Ahsanul Haq selaku ketua pelaksana, bahwa tim dari Jurusan Akuntansi Poliban telah beberapa kali melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMPN 32 Banjarmasin, dimana sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan pelatihan Microsoft Office dan Google Classroom. Hal ini dilatarbelakangi selain untuk melaksanakan salah satu kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat, juga dilatarbelakangi solidaritas sebagai sesama pendidik, agar proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan lebih memudahkan baik bagi guru maupun bagi siswa.

Kegiatan dilaksanakan selama kurang lebih 2 jam dan semua peserta antusias menyimak materi yang disampaikan dari awal sampai dengan berakhirnya kegiatan tersebut. 

Designed & Developed By IT Team - Poliban Accounting Department